16 Jan 2017

The 10 step Korean skincare Routine

semenjak saya mengenal website theklog.co yang membahas tentang skincare, makeup and lifestyle khusunya dari korea  dan mengenal soko glam dan tau tentang buku The Little Thing Of skincare by Charlotte Cho , wishtrend (Online Shop Korea  and beauty Website/beauty channel on youtube ) and Joan Keem salah satu vlogger korea yang suka sekali membahas tentang skincare membuat saya semakin jatuh cinta oleh skincare. Apalagi Skincare adalah salah satu investasi terbaik untuk kulit kita gak heran yang dulu nya saya hanya mengunakan cleansing water dan moisturizer saja , sekarang saya lebih komplit lagi memasukan beberapa tahapan kedalam skincare routine saya. Nah ini adalah The 10 Step Korea Skincare Routine yang saya lakukan yang terinspirasi dari soko glam. Walaupun tidak semua step saya jalani tapi setidaknya 5-7 step saya lakukan di setiap skincare saya setiap harinya baik pagi maupun malam hari .

1. Cleansing oil / Makeup Remover

Step pertama yang harus kalian lakukan , apalagi sebagai perempuan yang suka makeup , kalian harus melakukan step ini terlebih dahulu. Cleansing oil / Makeup Remover ini tujuannnya adalah mengangkat sisa-sisa makeup atau debu-debu polusi udara yang menempel di wajah kita, sehingga jika kita melakukan step ini, pori-pori kita tidak tersumbat dan bisa bernafas lega. Untuk bagian pertama saya menggunakan BioreCleansing Oil/Makeup Remover  yang pernah saya bahas disini atau menggunakan Viva Cleansing milk & Tonic. Kedua product tersebut sangat cocok dan ampu sekali buat saya untuk membersihkan waterproof makeup dan debu-debu polusi yang menempel di wajah.

2.Cleansing Water

Tahap kedua ini , membersihkan lebih bersih dari sebelumnya , gunanya cleasning water ini adalah membersihkan residu sisa makeup atau oil cleanse yang masih menempel pada wajah .untuk tahap cleansing water ini saya menggunakan The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash.

3.Exfoliation 

Exfoliasi ini berguna sekali untuk mengangkat kulit mati di wajah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat , blackhead or whitehead. Exfoliation cukup dilakukan min 1x/week or max 2-3x/week ini dapat membuat kulit kalian lebih halus dan mempermudah masuknya nutrisi dari skincare product kalian ke dalam kulit. Untuk ekfoliasi saya menggunakan SkinFood Black Sugar Mask wash Off.

4. Toner
Step ke 4 ini adalah dimana kamu menyiapkan wajah kamu untuk masuk ke dalam step skincare selanjutnya. Toner ini berfungsi untuk membersihkan lebih dalam lagi , mengangkat sisa-sisa scrub, atau residu sabun dari step sebelumnya dan toner ini juga berfungsi untuk menyeimbangakan Ph level kulit kamu sehingga kulit kamu dapat terjaga kelembapannya serta kelembutan kulit. Untuk Toner saya menggunakan COSRX One Step Acne Pimple Clear Pad dan COSRX AHA/BHA Clarifing Treatment Toner.

5. Essence

Essence ini membatu untuk membuat kulit kita lebih lembut lagi dan membantu memperbaiki dan melakukan pergantian sel kulit mati ke sel kulit yang baru. untuk essence sendiri saya belum memasukannnya , karena masih mencari essence apa yang cocok untuk kulit saya. Tapi kebanayakan essence yang di pakai oleh skincare enthusiast adalah Missha Time Revolution First Treatment Essence   atau COSRX Galactomyces 95 Whitening Essence

6.Serum

Serum ini berfungsi sebagai product yang dapat membantu kulit wajah kita lebih cerah, pore-refining, pigmentasi, memperlambat timbulnya kerutan pada wajah and make acne so calm-down.Untuk serum saya menggunakan COSRX Summer  Pore Minish Serum , serum ini berguna untuk memperkecil pori-pori di wajah saya dan memberikan efek cerah pada wajah.
my bareface 
7. Sheet Mask

Kalo kalian salah satu pengikut skincare korea garis keras , pasti kalian pernah denger bahwa anak-anak muda korea selalu menggunakan sheet mask dalam skincare routine nya , mau pagi ataupun malam bahkan saya pernah baca bahwa ada slogan “ 1 day 1 sheet mask” gak salah memang kulit-kulit orang korea tuh glowing-glowing abis,terlepas dari isu-isu bahwa hampir semua orang korea melakukan operasi plastic tapi saya gak peduli, mereka melakukan perawatan wajahnya dengan sangat super detail sehingga menghasilkan kulit wajah yang super glowing dan lembab. My skingoals in 2017. Untuk sheet mask saya mengguanakn Garnier Sakura white mask pinkish radiance , Etude house Face sheetMask.

8. Eye Cream

Salah satu cara agar mata kalian yang lelah dan telihat seperti mata panda itu menghilang adalah dengan menggunakan eyecream . eyecream membuat mata anda terlihat lebih segar , lembab sehingga tidak meninggalkan bekas mata lelah , meskipun kenyataanya sedang lelah . hihihi , untuk eyecream saya belum mengunakanya , paling saya mengoleskan sedikit Vaseline Petroleum Jelly di bawah mata saya agar terlihat lebih lembab dan segar. atau kalain bisa liat list prudct untuk the best eye cream disini.

9. Moisturizer

Moisturizer ini gunanya untuk tetap menjaga kelembapan kulit wajah yang sudah tercipta oleh nutrisi dari skincare product di beberapa tahap yang sudah kita jalani. Dengan terjaganya kelembapan kulit membuat wajah kita menjadi lebih dewy-glowing skin. Carilah moisturizer yang cocok dengan skintype kulit kalian. Untuk Moisturizer saya menggunakan Hada Labo Gokyujun Ultimate Moisturizing Milk dan untuk malam hari saya menggunakan Night Cream dari Hada Labo Gokyujun Ultimate Moisturizing cream .

10. Sunscreen ( SPF)   
      
Salah satu step terakhir yang gak boleh terlewat adalah sunscreen/sunblock , gunanya adalah melindungi kulit dari bahaya nya sinar UVA / UVB yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah dan terjadi penuan dini atau melindung kulit dari radiasi sinar elektronik yang kita gunakan misalnya Handphone, Laptop dan gadget-gadget yang kita milki, jadi  Gak mau kan terlihat tua sebelum waktunya, jadi pastikan setiap kalian mau keluar rumah ataupun ke tempat-tempat yang berhubunagn langsung dengan sinar matahari kalian wajib selalu memakai sunscreen.  untuk aktifitas di luar ruangan , aplikasikan 2-3x pemakian agar kulit kalian tetap sehat. Untuk sunscreen saya menggunakan Skin Aqua Whitening MilkSPF 50+ Pa+++ dan Biore UV AquaRich Watery Essence. 

Selain 10 step skincare di atas , ada dua tambahan yang biasa saya lakukan di pagi hari sebelum memulai makeup dan di malam hari sebelum  tidur yaitu mengaplikasikan lip balm atau lip mask pada bibir agar bibir tetap lembab dan tidak mudah pecah-pecah sehingga membuat lipstick yang kita aplikasikan di bibir menepel dengan sempurna dan look so fresh untuk lipbalm saya menggunakan Vaseline Petrolium Jelly. Dan satu lagi adalah mengunakan spot treatment untuk jewarat yang bertengger di wajah supaya cepat mengempes dan dan sembuh dalam hitungan hari dan untuk spot treatment saya menggunakan Acnes Sealing Jell.

Nah itu dia The10 step Korean Skincare routine inspired by soko glam + 2step by me yang sedang saya jalani, meskipun tidak hampir semuanya tapi yang pasti skincare is number one then makeup. Apalagi setelah saya melakukan skincare secara routine entah kenapa sekarang  saya lebih pede keluar rumah atau pergi kerja tanpa full makeup tapi  yang penting alis dan lipstick tidak boleh ketinggalan harus tetap stay on hihihih.

Semoga bahasan  kali ini bisa bermanfaat buat kalian yang membacanya , ayo mulai melakukan perawatan wajah dari sekarang sebelum terlambat.


Thanks For Reading. 
Xoxo
Gita Amalia 👄

10 komentar:

  1. Aduh abis duit kalo beli semua :(
    Request donggg kalo post product pake htm gittt hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, beli nya di cicil ndut, lagian kalo skincare kan paling abisnya bisa sekitar 3bulan, jadi bisa nabung buat belinya..

      untuk tau harganya tinggal klik nama product nya ada lia, itu ada link website yang jualnya , jadi bisa tau estimasi harganya :)

      Hapus
  2. Hello! :D
    Aku baru sekitar sebulan ini rutin nerapin 10 steps korean skincare, belom 10 sih kalo aku baru 8 step soalnya belom bisa telaten maskeran >.<
    Produk2 yg aku pakai kebanyakan dari benton, and so far tekstur kulit wajah aku jd semakin baik lebih moist dan sukak😍
    Anyway, apakah essence dari cosrx really worth it?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii,, wahh 8step juga sudah baik kok yang penting adalah konsisten sama skincare kamu ya.

      wahh pengen banget coba produk benton deh.

      untuk essence dari cosrx , aku belum bisa bilang itu worth it atau enggak, soalnya aku sendiri belum coba but i will try soon heheh, tapi aku baca-baca reviewnya banyak yang bilang essence cosrx bagus kok, tapi semuanya kan balik lagi ke kondisi kulit masing2 untuk cocok atau enggaknya.

      Hapus
  3. kak dasar produk yang paling penting buat dibeli itu apa? aku baru mau coba dan gak mungkin gtiu kebeli semuanya hehehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai dinda,sebenernya dasar nya kamu cukup melakukan 4step aja yaitu double cleansing( cleansing oil/ makeup remover dan cleansing water,exfoliating, moisturizer dan sunscreen itu sih yang paling penting di pake setip hari dari ke 10 step dan untuk exfoliating sendiri kamu gak perlu pake setiap hari cukup 2 sampai 3 kali seminggu aja.

      selamat mencoba

      Hapus
  4. Kak Gita tiap hari maskeran? aku bayanginnya kok tekor ya kalo buat mask sheet XD

    www.isthiud.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai isthi, untuk maskeran aku gak setiap hari, pokonya 2-3kali seminggu itu wajib di jalanin sih, ntah itu pake scrub mask untuk exfoliasi, untuks sheetmask aku gak pake steiap hari soalnya boros banget kalo setiap hari hihi, tapi yang penting seminggu wajib pake sheetmask sih, entah 1x atau 2x seminggu

      thanks undah mampir

      Hapus
  5. olalalala.....baru beberapa bulan ini tertarik buat bener2 merhatiin skincare demi terhindar daari yg namanya keriput dan teman2nya. skincare ala korea emang bikin jos di wajah. belum ampe 10 step karena pelan2 sih ngenalin ke wajah sambil browsing mana yg cocok di wajah n ongkos. thanks buat tulisannya yaaa sist, ngebantu banget buat newbie seperti aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting adalah konsisten dan sabar dalam penggunaan skincare-nya ya sis, terima kasih sudah baca tulisan ini, seneng rasanya kalo tulisan ini bisa membantu,,

      Hapus